Paralel (Gandeng) 2 Aki di Yamaha Vixion

Pada artikel  seputar pasang accu tambahan di sepeda motor.

Diawali dari keinginan mengganti lampu standar motor saya, dari lampu Halogen HS1 (mirip H4) dengan lampu HID model H4.

Motor yang saya gunakan adalah motor injection yang kelitrikan lampu nya menggunakan jenis DC, ciri khas nya, kalau grip gas diputar, lampu tetap menyala stabil, terang nya tidak berubah saat putaran mesin berubah-ubah.

Rangkaian set lampu HID yang terdiri dari Bohlam HID H4 (hi-lo), Ballast 35watt, Relay Unit (untuk mengatur low-beam dan high-beam), dan sikring

BERMASALAH!

Setelah dicoba pakai, ternyata lampu set HID menyedot listrik cukup besar, sehingga saat motor dipakai di siang hari yang panas terik juga macet, ketika Radiator Fan menyala, maka kelistrikan motor menjadi terganggu, hingga indikator Check Engine pada Instrument Cluster menyala, dan Jarum RPM tidak bekerja (mati).

Ternyata ketika lebih teliti membaca spesifikasi pada body Ballast HID tersebut, tertulis arus yang disedot bisa mencapai maksimal hingga 6 Ampere. ( I in Max < 6A)

Jika melihat Accu standar si motor ini adalah hanya 3 Ampere… jelas saja kurang daya.

GANTI ACCU..

Saya coba mengganti accu standar yang 12V 3Ah dengan yang lebih besar, yang kebetulan ukuran panjang x lebar nya sama, hanya berbeda di tinggi nya saja, yaitu dengan accu ukuran 12V 6Ah yang digunakan untuk motor Suzuki Satria FU.

MASIH BERMASALAH!

Ketika menggunakan motor di siang hari (lampu selalu menyala), ternyata saat di situasi lalu lintas sangat macet dan cuaca panas terik, masalah yang di atas kembali terjadi,.. saat Radiator Fan berputar untuk mendinginkan radiator, lampu HID menjadi berkelip, RPM mati dan Indikator Check Engine menyala…harus double accu  nih..

MASIH TETAP BERMASALAH!

Double accu dengan cara langsung di parallel ternyata tidak menyelesaikan masalah, Perlu ada trick khusus untuk menjaga sistem kelistrikan motor tidak terganggu oleh asesoris tambahan (Lampu HID) ini.

SOLUSI, PAKAI DIODA

Saya coba cari dioda yang banyak dijual di toko elektronik dengan ampere disesuaikan ukuran accu. Saya pilih Dioda 6Ampere, dengan harga hanya seribu rupiah saja.

Dioda berfungsi untuk membuat asesoris dan accu tambahan tidak mengganggu sistem kelistrikan motor, namun accu tambahan tetap akan di Charge (diisi) oleh sistem charging motor, tanpa merubah sistem kelistrikan motor itu sendiri.

Berikut skema pemasangan dua accu dengan dioda.

Dirakit dalam bentuk kabel dengan terminal ring untuk dipasang di kedua accu.


[ http://www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

Pemasangan pada motor saya..  accu tambahan saya pasang posisi tidur, karena tidak ada tempat lagi untuk accu tersebut. Accu yang saya gunakan jenis Gel, yang tidak bermasalah jika diposisikan tidur seperti foto di bawah.

SUKSES!!

Akhirnya dengan ditambahkan dioda pada pemasangan accu tambahan, hingga 2 bulan pemakaian dalam kondisi cukup parah (macet, panas terik), motor saya tidak mengalami masalah kurang daya listrik lagi. HID pun menyala sepanjang motor berjalan…

Semoga memberikan inspirasi.

www.saft7.com – automotive tips and sharing

 

Aplikasi pada Vixi ku

15 thoughts on “Paralel (Gandeng) 2 Aki di Yamaha Vixion

  1. Mau tanya om, vixion saya kan pake alrm nah saya mau nambah 1 aki yg 3 ampre lg, pertanyaan ny gni ada kabel2 alrm yg trsambung ke kabel2 standart vixion ny, aki yg mau sya tmbh 1 lg hnya buat batre alrm tanpa terhubung ke aki 1 ny lagi,, itu aman g buat kelistrikan kabel alrm yg tersmbung ke kabel2 vixion ny ??

    1. ada sedikit pengaruh dengan arus (ampere) pengecasan aki tambahan tapi masih dalam batas toleransi

    1. I thank you for your suggestion
      I can not formulate words properly in writing, then I look for stuff that is almost similar and incorporate it into my post to include the link.
      before I post the results, I have been experimenting with and take into account that which would have occurred before the changes occur is not adversely affected.
      I will try the original ideas in writing and posting.
      thank you you have been on my blog, I wait for your comments and suggestions

    1. Ya, harus dibuat jalur kelistrikan baru agar tidak mengganggu instalasi kelistrikan standart dan jangan lupa pengaman (fuse)

    1. Accu standart 3,5 Ah accu tambahannya maksimal 5 Ah, ini disebabkan maksimal Ah (Amper hour) di vixion maksimal 9 A, jadi untuk amannya 5 Ah untuk tambahannya. Jadi Totalnya 8,5 Ah.

  2. wah, bagus nih omm, boleh aku coba, oia untuk penyimpanan aki tambahannya harus ngeobrakabrik tempat penyimpanan gak?

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s